Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur

Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur - Selamat datang di HOT BANGET NEWS,anda sedang membuka artikel Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel alam, Artikel Amazon, Artikel aneh, Artikel Brasil, Artikel Fakta, Artikel Hot fakta, Artikel ilmu pengetahuan, Artikel travel, Artikel Unik, Artikel wisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur
link : Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur

Baca juga


Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur

Bak aliran kopi dan susu coklat, penampakan sungai yang benar-benar berbeda dari biasanya. Nyata dan bukan rekayasa, fenomena alam yang sungguh dramatis ini akan Anda jumpai bila melancong ke Brasil, yakni pertemuan dua sungai berbeda yang berwarna hitam dan coklat. Namun uniknya, keduanya dapat mengalir bersama-sama tanpa bercampur satu sama lain.
Image source: Amusing Planet
Dikenal dengan sebutan 'Meeting of the Waters' atau 'Encontro das Águas' dalam
bahasa Portugis. Adalah pertemuan Sungai Hitam Rio Negro dan Sungai Amazon yang terletak di Kota Manaus, Brazil Utara. Dua buah sungai tersebut sama sekali tak
bercampur dan mengalir bersama hingga sepanjang 6 km.

Rio Negro merupakan anak sungai Amazon yang terbesar. Sesuai dengan namanya 'Rio Negro' yang berarti sungai hitam, seluruh air sungainya berwarna hitam gelap.
Warna itu berasal dari larutan materi sayuran yang membusuk lalu tercuci ke dalam
air. Diketahui Rio Negro mengalir melewati hutan hujan dan rawa-rawa.
Image source: Amusing Planet
Sementara itu, Sungai Amazon atau Rio Solimões berwarna kecoklatan lantaran kental dengan pasir dan lumpur.

Lantas, apa yang membuat dua sungai tersebut dapat mengalir bersama tanpa bercampur satu sama lain?

Kejadian fenomenal ini disebabkan oleh adanya perbedaan suhu, kecepatan dan
kepadatan air dari dua sungai tersebut. Kecepatan aliran Rio Negro hampir 2 km per jam dengan suhu 28 derajat celcius. Sedangkan aliran Sungai Amazon antara 4 hingga 6 km per jam dengan suhu 22 derajat celcius.
Image source: Amusing Planet
Image source: Amusing Planet


Demikianlah Artikel Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur

Sekianlah artikel Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fakta unik - Uniknya Dua Sungai yang Berbeda Bertemu tapi Tak Bercampur dengan alamat link https://hotbangetnews.blogspot.com/2015/09/fakta-unik-uniknya-dua-sungai-yang.html